Pelajaran Bisnis dari Tawuran Anak Sekolah

Pelajaran Bisnis Online dari Tawuran Anak Sekolah

www.hebosto.com

Jum’at, 30 September 2019

Melihat tawuran anak sekolah sering bikin gemas. Namun, bagi pebisnis ternyata ada pelajaran yang bisa dipetik dari fenomena tersebut, apa ya?

Fenomena tawuran anak sekolah sering mengundang pandangan negatif dari banyak kalangan. Hampir semua orang menganggap “kebiasaan buruk” itu nggak bermanfaat, buang-buang waktu dan tenaga, serta merugikan kepentingan umum karena sering berakhir dengan perusakan fasilitas publik.

Namun, dari kacamata pebisnis fenomena ini justru memberi insight berbeda. Coba Anda jawab, kenapa sih anak sekolah itu bertindak nekat? Kalau ditantang satu lawan satu, kira-kira mereka berani nggak?

Jawabannya, mereka berani bertindak seperti itu karena bareng-bareng, ada teman-temannya. Bersama teman seperjuangan memotivasi mereka untuk maju dan bergerak.

Nah, pelajaran ini bisa Anda terapkan dalam memulai bisnis online. Membangun bisnis adalah langkah besar dan perlu dukungan dari orang-orang yang tepat. Bayangkan jika mereka memandang remeh atau pesimis pada usaha Anda. Yakin bisa bertahan menghadapi semua sendirian? Bisa sih. Tapi apakah tahan? Belum tentu.

Peran Penting Mentor dan Support System

Sekilas jualan online terlihat mudah. Tapi, Anda sadar nggak, ada banyak orang yang berhenti sebelum melangkah lebih jauh dalam berbisnis. Alasannya beragam sih, seperti modal kurang, salah pilih produk, merugi akibat ditipu, atau yang paling simpel, karena bingung harus mulai dari mana.

Selain membaca tips memulai bisnis online, Anda bisa mengandalkan peran mentor dan support system seperti komunitas bisnis. Kenapa perlu? Berikut penjelasannya.

Mentor sebagai pembimbing

Meski internet bisa memberikan jawaban atas semua hal, nggak selamanya Anda bisa mempelajari dan mencernanya sendiri. Suatu informasi makin melekat dan makin dikuasai ketika Anda mendiskusikan dengan orang lain, khususnya mereka yang ahli dalam bidangnya.

Mereka yang ahli ini disebut mentor. Anda bisa berkaca dari pengalaman jatuh bangun mereka dalam merintis bisnisnya. Satu hal yang pasti, di balik kesuksesan mentor Anda, ada rentetan kerja keras yang dilakukan bertahun-tahun. Semua itu ada prosesnya dan nggak terjadi dalam semalam.

Apa yang Anda harapkan dari bimbingan mentor? Karena mereka mau berbagi pengalaman dan tips penting membangun bisnis, Anda akan menghadapi proses trial and error berbisnis dengan lebih mudah. 

Namun, perlu diingat bahwa tugas mentor adalah membimbing Anda dalam mengawali petualangan membangun bisnis. Bukan menjanjikan Anda cara mudah cepat kaya dengan menghasilkan uang lewat internet. Karena faktor rezeki orang beda-beda.

Eksekusi akhir tetap ada di tangan Anda, bukan mentor. Peluang sudah terbuka lebar, bekal sudah terisi penuh, sekarang tinggal Anda memutuskan mau action atau duduk diam saja sebagai penonton.

Mentor juga bisa dibilang sebagai “Jalan toll” untuk memeperdalam suatu bidang. Karena mentor Anda pasti jauh lebih berpengalaman dan siap membagikan apa saja hikmah dari perjalanan bisnisnya. Sehingga, Anda tidak terjebak di lubang yang sama.

Support system sebagai pendukung

Memulai bisnis adalah tantangan besar dan dukungan support system sebagai penyemangat jelas Anda butuhkan. Dukungan orang terdekat seperti pasangan dan keluarga menempati posisi teratas. 

Saat lingkungan merespons positif niat berbisnis, Anda pun terpacu untuk terus berproses dan konsisten menggeluti hal baru ini. Sekuat-kuatnya Anda melawan arus, ada titik ketika Anda lelah berjuang sendirian.

Keberadaan support system memberi Anda backup energi dan motivasi melimpah agar tetap semangat menghadapi rintangan apa pun. Selain keluarga dan orang-orang terdekat, keberadaan komunitas bisnis juga perlu Anda perhitungkan. 

Bagi pebisnis pemula, bergabung dengan komunitas bisnis atau komunitas lain yang sesuai tujuan berbisnis diperlukan. Bukan hanya sebagai penyemangat, tetapi lewat komunitas ini kesempatan Anda mendalami ilmu bisnis terbuka lebar. 

Nah, Anda akan mendapat 4 keuntungan ini jika bergabung dengan komunitas bisnis online. 

Ada teman seperjuangan untuk belajar bersama

Dalam sebuah komunitas, pasti banyak orang yang sama-sama baru memulai bisnis dari nol. Anda akan bertemu teman seperjuangan di sini. Dengan belajar bersama, Anda bisa sharing pengalaman dan ilmu, hingga berdiskusi mengenai satu hal. 

Pepatah dua kepala lebih baik daripada satu kepala berlaku di sini. Jika ada topik yang sulit dipahami, komunitas menjadi tempat bertanya pertama yang bisa diandalkan. Banyak masukan atau pendapat yang dibagikan di sana, sehingga Anda bisa lebih cepat memahami dan menguasai suatu topik. 

Memperluas jaringan

Jaringan atau networking menjadi bagian tidak terpisahkan dalam membangun sebuah bisnis. Anda akan bertemu dengan berbagai orang dari banyak latar belakang yang tinggal di tempat-tempat berbeda. 

Pertemanan online ini menjadi salah satu aset penting Anda untuk mengembangkan bisnis jangka panjang. Siapa tahu Anda bisa bekerja sama dengan sesama teman komunitas atau berkolaborasi membangun bisnis baru. Nggak ada yang nggak mungkin kan?

Selalu update dengan informasi baru

Jualan online nggak bisa dipisahkan dari digital marketing. Berbisnis di era digital menawarkan lebih banyak tantangan yang harus siap dihadapi, termasuk perubahan strategi pemasaran. 

Dengan bergabung dalam komunitas, Anda selalu update dengan informasi baru seputar menjalankan bisnis secara online. Misalnya, teknik promosi terkini, cara optimasi SEO untuk membuat website muncul di halaman pertama, iklan berbayar mana yang efektif menjaring lead, cara menggunakan Facebook Ads atau Instagram Ads,  hingga tools yang tepat untuk mengelola manajemen bisnis. 

Bahkan, Anda dapat langsung tanya jawab dan berdiskusi mengenai informasi itu dengan sesama anggota komunitas maupun mereka yang dianggap ahli. Tentu ini lebih efektif daripada Anda coba-coba sendiri tapi ternyata hasilnya kurang maksimal. Setuju?

Mengetahui cara memulai bisnis langkah demi langkah

Membaca tips di internet dan mendengarkannya langsung dari orang yang sudah berpengalaman jelas berbeda. Di komunitas bisnis, langkah demi langkah memulai jualan online akan dibahas tuntas, lengkap dengan sharing pengalaman masing-masing. 

Mereka yang telah berhasil akan berbagi tips yang efisien. Mereka yang mengalami kegagalan pun juga berbagi insight tentang kesalahan yang perlu dihindari. Ibarat membeli sebuah produk, Anda mendapat review jujur dari pelaku bisnis sesungguhnya. Bukan sekadar teori saja, tetapi hasil praktik nyata di lapangan.

Baik mentor maupun support system seperti komunitas bisnis, keduanya sama-sama memainkan peranan penting dalam menjaga api semangat Anda menjalankan bisnis online. Mengawali sebuah perjalanan memang mudah, tetapi mempertahankan dan konsisten menjalaninya jauh lebih sulit. Demikian halnya dengan membangun bisnis.

Anda mungkin hanya bertemu satu dua kali dengan mentor atau anggota komunitas. Pertemuan lainnya lebih banyak terjadi di dunia maya, seperti melalui grup Facebook atau Whatsapp.  

Namun, berada di tengah orang-orang yang satu frekuensi, bervisi serupa, dan mempunyai semangat luar biasa akan menumbuhkan motivasi dari dalam diri Anda. Berinteraksi dengan mereka mendukung Anda untuk lebih fokus, terus belajar, dan bisa menikmati proses yang tengah dijalani.

Jatuh bangun membangun bisnis pun bisa Anda lalui dengan mental kuat. Semua berkat dukungan, kepercayaan, dan sorakan semangat dari mereka yang benar-benar memahami perjuangan merintis bisnis dari nol.

Salah satu cara bertemu mentor dan support system tepat untuk Anda adalah dengan mengikuti Kelas Private Bisnis Online. Dengan menyisihkan waktu dua hari, Anda akan belajar tentang memulai bisnis online dengan menjadi reseller atau dropshipper, mempelajari digital marketing, termasuk praktik Facebook Ads dan Instagram Ads, hingga membuat website yang menguntungkan.

Selain ilmu teknis dan praktis yang Anda dapat, Anda juga akan dikelilingi oleh lingkungan yang sevisi dan sefrekuensi. Anda bisa lihat keuntungan lainnya dari Kelas Private Bisnis Online disini  (Klik aja) >>> www.hebosto.com/private

Mau tanya jawab? Hubungi Saya disini :

Follow Instagram Saya, klik >>> @hebosto

Mau Langsung Saya mentoring untuk mulai & menghasilkan dari bisnis online sendiri? Klik aja tombol “YA, SAYA MAU” dibawah ini.

Hebosto.com is registered Trademark of PT. A & H Ciptamedia Kreasi Pratama

Copyright 2019 Hebosto.com

PRIVACY POLICY

TERMS AND CONDITIONS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *