Sepi Pembeli

Produknya Sepi Pembeli? Ini Ada Solusinya!

www.hebosto.com

Kamis, 19 September 2019

Dibaca sampai tuntas. Supaya engga gagal paham. Tulisan ini dibuat dengan detail. Pahami baik-baik, kalau waktunya engga mau terbuang sia-sia.

Dan kalo yang mau copas tulisan Saya, harap izin terlebih dahulu. Supaya sama-sama enak. Hargai Saya sebagai penulisnya. Tentu Anda paham bagaimana keberkahan mempengaruhi kecukupan Rezeki Anda.

Bismillah…

Kalau Anda yang merasa sudah memulai bisnis tapi produknya sepi pembeli, maka Anda harus membaca tulisan Saya kali ini sampai habis.

Kalau Anda yang merasa mau mulai bisnis tapi di kepala terngiang terus “Ntar sepi gimana… Ntar ga ada yang beli gimana…” Maka Anda harus membaca tulisan ini sampai habis juga.

Apa yang Saya jabarkan disini adalah pengalaman Saya. Jadi, Saya mengalami langsung dan Saya polakan kepada Anda agar Anda bisa belajar langsung dari Saya.

Dalam bisnis online, menurut Saya ada 2 hal yang harus dikuasai :

Keahlian Analisa & Keahlian Copywriting

Kenapa?

  • Analisa, akan membantu Anda untuk membaca keadaan Market. Jadi kalau mau buat produk, engga asal. Buat produk, benar-benar ada yang mau.
  • Copywriting, adalah seni menjual tanpa tatap muka. Alias, hanya mengandalkan tulisan.

Saya hanya akan membahas perihal Copywriting kali ini. Tapi agak teknis dan Saya sarankan untuk praktik setelah mengetahui ini.

Sejak Saya mulai bisnis online pertama kali, Saya tau Copywriting ini akan menjadi krusial sekali. Karena logika Saya, gimana Saya bisa bertemu dengan semua orang sedangkan Saya di depan laptop? Itulah bisnis online. Pasti akan bertemu dengan Copywriting.

Supaya mudah menulis copywriting, saran Saya Anda harus paham seutuhnya dulu tentang produk Anda.

Bertahun-tahun Saya mempelajari copywriting, ada 2 hal yang jadi inti dari Copywriting. Anda paham ini, Copywriting jadi lebih ringan.

Pertama, penjelasan Fitur.
Kedua, penjelasan Benefit.

Kita mulai dari Fitur.

Fitur adalah hal logis. Biasanya dalam bentuk Spesifikasi.

Contoh kalimat fitur :

  • Baju ini terbuat dari Cotton Combed 30s
  • Kamera 20 MP
  • RAM 8 GB

Intinya, spesifikasi dari produk Anda. Hal logis. Biasanya berupa angka juga.

Kemudian benefit.

Benefit, adalah hal emosional. Biasanya dalam bentuk narasi. Dan engga spesifik angka. Benefit ini sebisa mungkin berkaitan dengan fitur dari produk Anda supaya makin nonjok.

Contoh :

  • Fitur iPhone adalah Kamera 20 MP Retina Display. Maka, benefitnya adalah “Saat Snapgram, hape Anda akan menghasilkan kualitas video Full HD”. Jadi, benefit itu adalah keuntungan emosional dari fitur yang ada di produk Anda.
  • Keripik Singkong Anda dibuat dari Singkong muda pilihan (FITUR). Sehingga, keripik singkong Anda lebih lembut dan aman untuk gigi sensitif (BENEFIT).
  • Kelas Private Bisnis Online Saya, berkapasitas untuk 6 orang (FITUR). Sehingga, Anda akan 2x lebih fokus belajarnya ketimbang dengan kelas yang semisal (BENEFIT).

Paham sampai sini?

Kalau Anda bisa merumuskan produk Anda dengan fitur dan benefit yang jelas, calon pembeli Anda pun pasti teredukasi. Kemungkinan closing pun, tinggi.

Copywriting, sama pentingnya dengan target market. Jadi Anda rumuskan dulu kepada siapa Anda memasarkan produk ini, kemudian buatlah produk yang memiliki fitur dan benefit untuk target market Anda.

Bagi Saya, tidak ada produk yang mahal. Yang ada, pelanggan yang belum teredukasi.
 

Ini terbukti dari Kelas Private yang Saya buat. Harganya tinggi, 3 jutaan. Tapi sampai Oktober nanti, seluruh kursinya sudah terisi penuh. 60%, mahasiswa.

Karena apa? Karena Saya CLEAR memberitahukan perihal fitur dan benefit dari kelas Saya. Apalagi, Saya sebagai yang ngadain sangat siap kalau kelas Saya dibandingin. Karena Saya tau pasaran kelas yang sekarang lagi ada dan modulnya apa saja. Saya paham dan Saya ukur untuk kelas yang Saya buat. Alhasil, benefitnya dominan menang di Saya.

Karena Saya sudah jelaskan fitur dan benefit secara CLEAR. Lihat saja contoh penjelasannya di Website Saya, disini (klik aja) >>> www.hebosto.com/private

Maka, edukasilah calon pelanggan Anda dengan memperjelas Fitur & Benefit produk Anda.

Ini juga yang Saya lakukan untuk produk-produk Saya yang lain. Saya ambil contoh produk yang lagi seneng banget Saya pasarin, yaitu Skin Toner dari @odelia_id.

@Odelia_id adalah produk skin toner yang Saya jual di Instagram. 2 bulan jualan ini, reseller kita udah ada di Surabaya, Jogja, Jakarta, Bandung. Saya menjalankan bisnis ini karena modalin Adik Saya. Saya hanya membantu untuk memasarkan saja.

Per 2 bulan ini, orderan bentar lagi menyentuh 1.000 pcs. Alhamdulillah.

Salah satu yang Saya gunakan adalah edukasi terus kepada mereka yang sudah bertanya-tanya melalui WA, IG, dan Shopee. Saya amanahkan kepada CS Saya, supaya saat menjelaskan itu titikberatkan kepada fitur dan benefit dari produk ini.

Fiturnya, skin toner Saya dari Air Zamzam dan bunga saffron. Benefitnya, di kulit akan terasa lebih kenyal dan mudah meresap, apalagi kalau digunakan untuk daerah muka dan rambut. 100% Halal dan Thayyiban!

Paham sampai sini? Sekarang, giliran Anda praktik. Saya bantu 🙂

Sudah ada produk? Sudah bisa memetakan fitur dan benefitnya?

Anda bisa praktik sekarang juga. Anda bisa konsultasikan ke Saya perihal fitur dan benefit dari produk Anda. Saya akan bantu petakan produk Anda. Nanti Saya bantu via DM Instagram.

Ditunggu diskusinya ya!

Mau tanya jawab? Hubungi Saya disini :

Instagram : @hebosto

Mau Langsung Saya mentoring untuk mulai & menghasilkan dari bisnis online sendiri? Klik aja tombol “YA, SAYA MAU” dibawah ini.

Hebosto.com is registered Trademark of PT. A & H Ciptamedia Kreasi Pratama

Copyright 2019 Hebosto.com

PRIVACY POLICY

TERMS AND CONDITIONS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *