Kerja Jalan, Bisnis Jalan. Emang Bisa?

Kerja Jalan, Bisnis Jalan. Emang Bisa?

www.hebosto.com

Jum’at, 30 September 2019

Bosen kan gaji engga naik-naik? Disisi lain butuh sampingan juga. Sebenarnya, sambil kerja pun Anda tetap bisa mendapat penghasilan dari bisnis. Mau tahu caranya?

Kebutuhan Anda semakin meningkat seiring perkembangan zaman. Apalagi, pas berkeluarga. Anda harus mengakui kalau hidup mengandalkan gaji bulanan saja (mungkin) tidak cukup.

Berharap gaji naik bulan depan, rasanya engga mungkin. Kalau pun gaji naik, jumlahnya pasti engga akan signifikan. Mau engga mau, otak Anda harus berputar agar dapur rumah tetap ngepul dan kebutuhan dasar sekeluarga terpenuhi. 

Pertanyaannya, apa yang bisa Anda lakukan untuk mencari penghasilan tambahan? Anda bisa coba untuk memulai bisnis online. Di zaman internet seperti sekarang cara ini bisa jadi “kerja sampingan” yang mengisi tabungan Anda.  

Sayangnya, engga sedikit orang yang ragu jualan online karena keterbatasan modal. Gaji bulanan saja habis untuk kebutuhan sehari-hari dan investasi kecil-kecilan, mau ngumpulin modal dari mana?

Reseller atau Dropship, Pilih yang Mana?

Padahal, ada cara mudah mulai bisnis online walau modal Anda terbatas. Bahkan, bisnis ini bisa berjalan tanpa modal besar.

Pernah dengar reseller atau dropship? Kedua skema bisnis ini populer sebagai jalan termudah dan tercepat membangun sebuah usaha. Meski tampak serupa, reseller dan dropship adalah dua sistem berjualan yang berbeda.

Anda disebut reseller jika berjualan produk atau jasa dengan mengambil produk langsung dari produsen, penjual, atau supplier. Anda membeli produk itu dengan biaya lebih rendah, lalu memasang harga lebih tinggi saat menjual kembali. 

Skema reseller mengharuskan Anda mempunyai stok barang untuk dijual. Pemasaran bisa dilakukan secara online atau offline, dan Anda langsung berhubungan dengan customer. Demikian juga terkait proses packing dan pengiriman, Anda tangani sendiri.

Sedangkan skema dropship tidak mengharuskan Anda menyimpan stok barang. Cukup memasarkan produk dari produsen saja, baik online maupun offline. Pengiriman barang dilakukan oleh produsen setelah Anda memberi rincian dan pembayaran pesanan dari customer. 

Produsen langsung mengirimkan produk ke customer, tetapi dengan mencantumkan nama Anda sebagai pengirim. Berbeda dengan reseller, Anda tidak usah pusing soal stok, pengemasan, dan pengiriman barang. Anda hanya membeli produk ke produsen jika dapat pesanan dari customer. Jadi, risiko merugi bisa ditekan seminimal mungkin.

Kelebihan Sistem Reseller atau Dropship

Lalu, apa sih kelebihan jualan online dengan sistem reseller atau dropship? Simak penjelasan berikut ini!

Minim modal

Menjadi reseller atau dropshipper tidak harus keluar uang banyak. Kalau Anda ingin mencoba dropship, cukup bermodalkan smartphone dan kuota internet saja dalam menawarkan produk ke customer. Anda tinggal memaksimalkan smartphone yang dimiliki untuk menambah penghasilan.

Sebagai reseller pun demikian. Anda harus membeli barang sebagai stok, tetapi jumlahnya bisa Anda perkirakan sesuai modal yang ada. Tidak perlu menumpuk stok banyak-banyak. Jika barang habis, tinggal beli lagi ke produsen. Simpel kan?

Bisa dilakukan dari mana saja

Namanya juga bisnis online, selama Anda terhubung dengan internet, maka bisnis ini tetap bisa berjalan. Selagi Anda sibuk di kantor atau dinas ke luar kota pun tetap bisa menerima dan memroses pesanan. 

Saat usaha Anda mulai kebanjiran pesanan, coba pekerjakan satu orang administrator merangkap customer service untuk membantu operasional bisnis. Jadi, fokus Anda pada pekerjaan utama tidak bergeser, karena bisnis sampingan tetap bisa berjalan sama-sama. Dan di Kelas Private Bisnis Online yang Saya buat, Anda akan belajar bagaimana bekerja Remote alias jarak jauh. Bermodalkan Whatsapp, Anda bisa memiliki karyawan yang bekerja 24 jam sedangkan Anda tetap fokus dengan kerjaan Anda.

Banyak pilihan produk 

Kelebihan lain, produsen menawarkan banyak pilihan produk, sehingga Anda punya beragam produk yang bisa dibeli customer. Tidak usah repot memproduksi sendiri, cukup bekali diri Anda dengan product knowledge yang dijual. Jadi, Anda bisa berjualan secara maksimal karena paham betul seluk beluk produk tersebut.

Fokus pada pemasaran 

Lewat sistem reseller atau dropship, Anda cukup fokus pada pemasaran produk. Stok barang dan inovasi produk adalah urusan produsen. Anda nggak perlu pusing soal itu. Tugas utama Anda bagaimana bisa memasarkan produk dan menjangkau calon customer lebih luas. 

Oleh karena itu, Anda harus tahu persis soal strategi pemasaran dan penjualan yang tepat. Salah satunya dengan menerapkan digital marketing dalam bisnis Anda.

Strategi Pemasaran Jitu dengan Media Sosial

Pesaing utama Anda yang menjalani sistem bisnis ini datang dari sesama reseller atau dropshipper. Namun, produk serupa bisa menghasilkan tingkat penjualan berbeda jika Anda tahu strategi pemasaran yang tepat. 

Digital marketing adalah taktik pemasaran dengan memanfaatkan internet dan media digital. Semua proses pemasaran berlangsung secara online, termasuk berkomunikasi dengan calon customer. 

Anda dapat menjadikan beberapa platform online sebagai etalase toko untuk “memajang” produk yang dijual. Misalnya, website, blog, dan media sosial seperti Instagram dan Facebook. 

Efektivitas strategi pemasaran digital dengan menggunakan media sosial Instagram dan Facebook sudah tidak diragukan lagi. Asalkan Anda tahu bagaimana cara memaksimalkan kedua media sosial itu. 

Caranya bukan seperti membuka akun biasa. Membuat konten di media sosial memang perlu, tetapi seberapa banyak sih yang akan membaca posting itu? Berapa banyak lagi yang akan kasih like? Maka, untuk berbisnis lebih baik Anda memakai Facebook Ads dan Instagram Ads. Mungkin Anda familiar dengan foto satu ini, dimana ada label “SPONSORED”.

Dengan fitur Ads ini, Anda langsung menjemput bola orang-orang yang tertarget sesuai produk Anda. Apalagi, jumlah pengguna aktif Facebook dan Instagram di Indonesia termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Memasang iklan di media sosial jelas membuka peluang lebih banyak orang melihat iklan Anda. 

Selain itu, beriklan di Facebook atau Instagram berarti Anda menyasar target customer yang spesifik. Dengan sistem algoritma canggih, fitur Ads bisa menargetkan calon customer tepat sesuai riwayat browsing dan kondisi demografi mereka. Artinya, iklan Anda akan muncul di feed media sosial pengguna yang berpeluang membeli produk tersebut.

Keuntungan lainnya, fitur Facebook Ads sudah mampu menjangkau audiens di platform Instagram. Dengan integrasi kedua media sosial ini, membuat Anda lebih mudah menemukan calon customer potensial bukan?

Di sisi lain, Anda juga bisa memaksimalkan fitur Instagram Ads melalui berbagai cara. Mulai dari memaksimalkan pemakaian hashtag yang sesuai, membuat iklan carousel dan iklan video, hingga menyiapkan konten menarik untuk mengundang keterlibatan follower. 

Salah satu yang lagi tren tentu saja beriklan di Instagram Stories. Fitur ini menjadi sebuah cara hebat bagi suatu bisnis berinteraksi dengan para pengikutnya, sekaligus meningkatkan brand awareness produk Anda.

Singkat kata, beriklan di media sosial akan membantu bisnis Anda terus eksis dan hidup. Bukan hanya menjaga customer setia, tetapi dapat menggaet customer baru melalui media sosial. 

Belajar Sendiri atau Didampingi?

Kembali lagi pada niat Anda untuk mulai bisnis online. Kira-kira bisa nggak Anda mempelajari semua ini sendiri? Mulai dari mencari produsen atau supplier terpercaya, memahami digital marketing dari A sampai Z, hingga utak-atik Facebook Ads dan Instagram Ads. 

Meski banyak informasi mengenai hal ini tersebar di internet, tentu nggak sama dengan belajar didampingi mentor seperti di Kelas Private Bisnis Online. Anda cukup menyisihkan waktu dua hari saja untuk mempelajari semua hal terkait bisnis online. Usai mengikuti kelas privat ini, Anda bisa langsung eksekusi ilmu yang telah dipelajari dan mulai mendapat uang dari jualan online.  

Kelas ini cocok sekali bagi Anda yang mau belajar jualan secara terstruktur dan didampingi secara intens. Karena :

  • Selain Anda mendapatkan pendampingan secara tatap muka, Anda akan mendapatkan modul online sebagai backup kelas. Sehingga, kalau Anda dirumah mau mengulang materi di kelas, bisa banget!
  • Anda juga akan mendapatkan cara-cara teknis memiliki karyawan jarak jauh yang bisa bekerja hampir 24 jam setiap harinya. Biaya murah, dan Anda pun tidak perlu resign dari kerjaan Anda. Menarik?
  • Anda juga sudah GRATIS konsultasi mingguan. Bisa datang lagi mengulang kelas atau bertanya perihal materi yang tidak dipahami.
  • Anda akan bertemu dengan sesama pebisnis online yang juga sama-sama belajar + praktik di kelas Saya. Lingkungan yang mendukung pastinya akan membawa dampak besar juga kepada nasib Anda.
  • Dan yang paling berbeda dari kelas semisalnya adalah, di Kelas Private ini Saya hanya membatasi untuk 6 orang saja. Betul, Anda akan sangat fokus untuk belajar dan bebas bertanya perihal bisnis online. Menarik!
  • Anda bisa ke website Kelas Private Bisnis Online saya disini, (klik aja) >>>> www.hebosto.com/private

Semoga ini bisa menjadi awal Anda untuk mendapatkan hidup layak dari Bisnis Online. Saya siap membantu.

Kerja jalan, bisnis jalan? Siapa takut?

Mau tanya jawab? Hubungi Saya disini :

Follow Instagram Saya, klik >>> @hebosto

Mau Langsung Saya mentoring untuk mulai & menghasilkan dari bisnis online sendiri? Klik aja tombol “YA, SAYA MAU” dibawah ini.

Hebosto.com is registered Trademark of PT. A & H Ciptamedia Kreasi Pratama

Copyright 2019 Hebosto.com

PRIVACY POLICY

TERMS AND CONDITIONS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *